Penerapan/penggunaan break dan continue dalam Bahasa Pemrograman Java | Raden Ireng

Penerapan/penggunaan break dan continue dalam Bahasa Pemrograman Java

 
Selamat pagi/siang/sore/malam para pengunjung blog saya.
Sebelumnya terima kasih karena mau mengunjungi dan membaca artikel yang saya tulis.

Seperti yang sudah saya bilang di postingan sebelumnya, saya akan membahas sedikit tentang penerapan break dan continue dalam bahasa pemrograman java.

Break dan continue adalah penyataan untuk mengubah aliran eksekusi loop, di mana masing-masing mempunyai fungsinya sendiri.


  • Break

          Pernyataan break berguna untuk mengakhiri perulangan/loop dan transfer eksekusi untuk pernyataan selanjutnya setelah loop/perulangan.

Contoh:
int x = 1;

while(x > 0) {
 System.out.println(x);
  if(x == 4) {
    break;
  }
  x++;
}

/* Outputs
1
2
3
4
*/
Penjelasan:
contoh di atas menggunakan perulangan dalam bentuk while, di mana di awali dengan nilai x=1. Nah kalian bisa lihat ada if di dalam perulangan tersebut ada break di dalamnya, apa ada yang tau untuk apa?
Yups, untuk membatasi perulangan sehingga akan berhenti di x=4.
perulangan tersebut menggunakan Increment/kenaikan berkelipatan (++). Jika tidak ada break maka perulangan tersebut akan terus berlanjut sampai tak terhingga. Nah itu adalah fungsi dari break, yaitu untuk mengakhiri, atau menyetop perulangan.


  • Continue

         Pernyataan continue berfungsi agar loop/perulangan bisa untuk melewatkan sisa tubuhnya atau sisa proses-proses berikutnya atau coding berikutnya dan kemudian segera kembali ke tes ulang kondisi sebelum mengulangi. Dengan kata lain, itu membuat loop/perulangan men-skip atau menyingkat langkah untuk ke iterasi berikutnya.

Contoh:
for(int x=10; x<=40; x=x+10) {
if(x == 30) {
continue; //skip statement
}
System.out.println(x);
}
/* Outputs
10
20
40
*/
Penjelasan:
Contoh di atas menerapkan continue untuk mens-skip langkah berikutnya dan langsung lari ke System.out.println(..);.

Cukup sekian, semoga mudah di pahami oleh agan-agan or sista, untuk lebih yakin silahkan coba sendiri codingnya melalui aplikasi kesukaan masing-masing..hehe

Selanjutnya saya akan membahas OOP(Object-Oriented Programming) atau pemrograman berbasis objek di dalam bahasa pemrograman java, monggo disimak di sini.

Terima Kasih.. ^_^

0 Response to "Penerapan/penggunaan break dan continue dalam Bahasa Pemrograman Java"

Post a Comment